Rumus pendugaan berat badan sapi

Citra yang terakuisisi dari proses diatas akan ditampilkan pada halaman analisis citra.

Seleksi Pejantan Sapi Bali Berdasarkan Ukuran Dimensi Tubuh

Tahap pertama adalah tahap analisa kebutuhan sistem. Panjang badan: Lebar pinggang: Judging terdiri atas tiga langkah yaitu, penilaian melalui kecermatan pandangan visualpenilaian melalui kecermatan perabaan palpasidan penilaian melalui pengukuran tubuh.

Diberikan isyrat tandatepukan tangan, siulan dengan maksud agar ternak menoleh kearah kita. Dan bagaimana perlakuan sesudah kita mendeketai ternak dan menggiring sampai ke kandang jepit. Namun alat timbang konvensional ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak praktis dan harganya sangat mahal.

Kemampuan sapi potong dalam memanfaatkan nutrisinya menjadi daging terlihat pada penampakan kepala, leher, bentuk tubuh, penampilan dada, bahu, punggung, perlemakan seluruh tubuh, dan posisi kaki yang merupakan karakteristik ternak potong.

Diusahakan sapi tidak banyak gerak untuk keakuratan data.

cara dan rumus menduga bobot badan ternak tanpa timbangan terlengkap

Ukuran Dalam: Tali pengikat hidung ditarik ke atas, sgsr mulut agak terangkat. Karena target pengguna dari aplikasi ini adalah peternak, maka perancangan desain sistem ini sangat memperhatikan kemudahan penggunaan.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut perlu dicari cara lain yang lebih murah dan praktis yaitu dengan pendugaan bobot badan ternak melalui pendekatan terhadap hubungan antara satu atau lebih ukuran bagian tubuh ternak dengan bobot badannya dan pendugaan bobot karkas berdasarkan bobot hidup ternak.

Dapat diukur dengan penggaris atau pita ukur. Penentuan kualitas atau kondisi dari suatu ternak harus memperlihatkan hal-hal sebagai berikut: BAB I.

Menafsir Bobot Ternak

Setiap gumpalan pakan di kunyah kali. Yakni jumlah nilai skor pada sapi 1 adalahsedangkan sapi 2 adalah ,2. Setelah sapi masuk ke kandang jepit segera ikat tali pengikat hidung sapi pada pagar depan dari kandang jepit b.

Mahasiswa mampu menafsirkan judging ternak. Keadaan tubuh 1.

'+relatedpoststitle+'

Tabel 1 Hasil pengukuran berat badan sapi N o 1 2 3 4 5 Sapi Sapi 1 Sapi 2 Sapi 3 Sapi 4 Sapi 5 Dari hasil perhitungan margin error di atas, dapat diketahui pula akurasi hasil penelitian dengan perhitungan sebagai berikut: Menskoring kondisi tubuh heirfers juga direkomendasikan untuk membantu mengidentifikasi pemberian pakan dan problem-problem manajement.

Dalam melakukan pemilihan calon bibit, selain menentukan jenis kelamin, usia dan bobot badan, pemilihan bakalan dapat dilakukan dengan pengamatan fisik atau penilaian Judging seperti berikut: Untuk mengetahui bahwa ternak dalam kondisi sehat, maka perlu diketahui karakteristik ternak yang sehat.

Proses ini Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4 4, memanfaatkan metode template matching yaitu membandingkan antara background dan objek sebenarnya dengan background dan objek yang ada pada citra. Pendugaan bobot badan Penafsiran berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak.

Bagian pangkal ekor d. Berat badan ,52 ,76 ,14 c. Tinggi punggung ialah jarak tegak lurus dari taju duri ruas tulang punggung atau processus spinosus vertebrae thoracaleyang terakhir sampai ke tanah.

Paha sampai pergelangan penuh berisi daging. Menduga Umur Dari Cincin Tanduk 9 Sesuai dengan pengelihatan dalam menghitung cincin tanduk, tanduk pada sapi 1 ada 5 cincin tanduk, sedangkan pada sapi 2 ada 2 cincin tanduk.

Tinggi punggung: Cara penafsiran yang merupakan cara untuk mengetahui berat badan ternak adalah penimbangan.15/07/ · Bila dicermati, penampang tubuh sapi dan kerbau menyerupai bentuk geometris berupa tabung. Untuk mencari volume tabung harus diketahui luas alas dan tinggi.

LINGKAR DADA, PANJANG BADAN, DAN RUMUS LAINNYA DITEMUKAN

Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai festival-decazeville.com: Mas Ely. Dari hasil pengukuran dan perhitungan pendugaan bobot badan ternak dengan menggunakan rumus-rumus penduga bobot badan, maka diperoleh hasil pendugaan bobot badan menurut schoorl bobot badan sapi(a5) kg, pendugaan bobot badan menurut winter sapi(a5) lbs, pendugaan bobot badan menurut aryodarmoko sapi(a5) kg.

UNAIR REPOSITORY (Universitas Airlangga Repository) | Institutional RepositoryAuthor: Ignasius Resa Christanto Pratomo. Pertumbuhan organ-organ tertentu berkorelasi dengan berat badan. Berat badan ternak sapi pedaging umumnya mempunyai hubungan positif dengan beberapa bagian tubuh.

Menurut Zurahman () rumus yang digunakan dalam menduga bobot badan sapi Bali yaitu BB = 2,30 LD + 0, PB + 0, TB – karena memiliki R 2 = 78,7%. Hal ini juga diperkuat. Sehingga taksiran bobot sapi tidak terlalu jauh dari bobot sebenarnya.

Oleh karena itu, ilmu peternakan sangat berperan. Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuan untuk memperikan atau menaksir cara menghitung bobot badan sapi hidup.

Dalam hal ini yang sering digunakan adalah Rumus Winter dan Rumus Scroll. Metode Scroll yaitu. 03/01/ · Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.

Rumus penentuan berat badan sapi berdasar ukuran tubuh bertolak dari anggapan bahwa tubuh ternak sapi berupa tong.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS
Rumus pendugaan berat badan sapi
Rated 5/5 based on 39 review