Pengaturan berat badan pada atlet pdf

Kenaikan produksi panas diatas metabolisme basal yang disebabkan oleh makanan disebut specific dynamic action. Faktor Yang Mempengaruhi Simpanan Glikogen Hati Waktu makan makanan sumber karbohidrat Puasa semalam dapat menurunkan simpanan glikogen hati dan mempengaruhi penampilan atlet jika latihan dilakukan dalam waktu lama.

Metabolisme basal seorang laki-laki lebih tinggi dibanding dengan wanita. Ketika atlet tidak mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang adekuat setiap hari, simpanan glikogen otot dan hati kemungkinan habis.

Tiba-tiba memutuskan untuk tidak makan daging berwarna merah g. Kelelahan yang timbul saat bertanding umumnya tergantung dari jenis dan durasi olahraga, namun faktor lingkungan perlu pula dipertimbangkan.

Angka kecukupan tiamin sehari-hari pada remaja yang berumur tahun adalah 1 mg per hari menurut WKNPG tahun Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan fisik sekaligus untuk mencegah agar tubuh tidak mudah sakit. Terdapat kecenderungan para atlet akan merasa sehat dan mantap bila mengkonsumsi berbagai macam vitamin, mineral atau suplemen lainnya.

Tabel 3: Jaringan otot merupakan simpanan glikogen yang utama g; 6,7 MJkemudian hati 70 g; 1,2 MJ dan glukosa darah 2,5 g; kj. Kerusakan akibat radikal bebas terjadi terdapat gangguan keseimbangan antara radikal bebas yang terbentuk dengan antioksidan yang ada.

1-Gizi Pada Atlet

Selain itu protein dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Metabolisme zat gizi mikro Vitamin dan Mineral 4. Pada saat puasa 24 jam atau pada diet rendah kalori, jumlah cadangan kalori tubuh akan sangat berkurang.

Satu gram lemak mengandung 9 kkal, 2 kali dari jumlah energi yang dikandung oleh karbohidrat dan protein. Minum dan makan saat bertanding pada olahraga lama, namun tidak boleh mengganggu pengosongan lambung sebab akan menghambat pengosongan cairan dari lambung serta dapat menyebabkan timbulnya keluhan sakit perut.

Air Fungsi air bagi tubuh sangat jelas dan penting, sehingga bila terjadi kekurangan cairan pada tubuh seseorang terutama bagi atlet maka akan mengganggu penampilan atlet tersebut. Sedangkan metabolisme asam lemak rantai panjang memerlukan sistem karier untuk pengangkutan ke dalam mitokondria sel.

Pikiran selalu mengenai makanan, kalori dan berat badan c. Selain itu penghilangan latihan yang keras serta pembatasan karbohidrat, akan menurunkan resiko luka dan efek samping.

Medicine and Sciene in Sports and Exercise, Mengganti cadangan glikogen yang habis digunakan selama olahraga c. Journal of Sports Science and Medicine; Azas-azas dan Landasan pendidikan jasmani.

Gangguan keseimbangan natrium ini ditemukan pada atlet yang berolahraga kira-kira 6 jam atau lebih misalnya atlet triatlon dan minum air putih bukan larutan elektrolit sebagai pengganti cairan yang hilang.

Langkah 2 Tentukan basal metabolic rate BMR yang sesuai dengan jenis kelamin, umur dan berat badan. Mengingat fungsi karbohidrat sangat penting, asupan nutrisi pada atlet perlu diawasi dengan baik, dan ini sangat berkaitan dengan jenis olahraga, intensitas, durasi, tingkat kualitas fisik, status nutrisi atlet, usia atau adanya gangguan atau penyakit yang diderita atlet.

Beberapa makanan yang khusus mempunyai kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, misalnya coklat, cake, ice-cream, keripik, dan juga jeroan, sop kaki, sop buntut, harus dihindari. Pertiwi, Arum Bunga. Mineral turut menjadi bagian dari senyawa kimia yang terlibat pada proses metabolisme pembentukan energi.

Kekurangan besi dan feritin sering ditemukan pada atlet wanita. Fluid and Fuel Intake During Exercise. Penelitian menunjukkan pada 24 jam pertama karbohidrat sederhana dan komplek menghasilkan simpanan glikogen yang sama, kemudian pada 24 jam berikutnya intake karbohidrat komplek menghasilkan simpanan glikogen yang lebih banyak.

Sedangkan olah raga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan fisik sekaligus untuk mencegah agar tidak mudah sakit. Ambilan oksigen dan nutrien oleh otot yang aktif pada olahraga lama kurang lebih 3 jam Protein Struktur kimia protein kurang lebih sama dengan karbohidrat dan lemak, mengandung karbon, oksigen dan hidrogen.

Bagaimana dengan atlet? Air diperoleh dari cairan, makanan dan proses metabolisme tubuh. Namun konsumsi protein dalam jumlah besar tidak berarti akan langsung membesarkan otot, bahkan hal ini berbahaya sebab kelebihan nutrien ini akan diubah menjadi lemak tubuh.

Tujuan Khusus 1. Berperan secara fungsional untuk mempertahankan irama jantung normal, kontraksi otot, konduksi saraf dan keseimbangan asam basa tubuh.

makalah gizi pada atlet

Menurut Angka Kecukupan Konsumsi Zat-zat Gizi, seseorang membutuhkan 1 g protein per kg berat badan, tetapi ada atlet yang membutuhkan lebih banyak, misalnya seorang pelari yang sedang berlatih intensif, atau seseorang yang sedang berdiit yang mengkonsumsi rendah kalori, atau seorang pemula yang baru mulai berlatih.

Makanan yang terbaik untuk atlet harus mensuplai cukup protein tetapi tidak berlebihan untuk keperluan perkembangan dan perbaikan jaringan otot yang aus, produksi hormon, dan mengganti sel-sel darah merah yang mati dengan yang baru.

Journal of Athletic Training. Pengaturan gizi pada masa latihan bertujuan:Tulisan ini bertujuan mengungkap tentang tatacara pengaturan nutrisi bagi atlet senam artistik putri dikaitkan dengan pengontrolan berat badan. Dalam konteks olahraga prestasi, gizi memiliki peran yang sangat penting sama halnya dengan proses latihan yang harus dijalani.

Kebutuhan nutrisi dalam setiap cabang olahraga memiliki perbedaan. Berapa banyak air yang harus Anda minum sehari? Air berperan besar dalam fungsi tubuh normal Anda, minum cukup air sangat penting untuk proses fisiologis seperti sirkulasi, metabolisme, pengaturan suhu, dan pembuangan kotoran 1).Air adalah konstituen utama dari sel, jaringan dan organ dan sangat penting untuk kehidupan 2).Air sebagai nutrisi penting, konstituen multifungsi dari tubuh manusia.

Banyak atlet terutama atlet putri yang mempraktekkan pengongtrolan berat badan secara salah sehingga membahayakan. Biasan;ya hal ini ditemui pada atlet yang penampilannya perlu tampak ramping sangat sedikit tetapi berlatih bayak dan berat sehingga menjadi kurus sekali namun tetap ingin mempertahankan berat badan itu.

Suhu tubuh dapat meningkat di atas batas normal. Hal ini dapat terjadi pada atlet yang berolahraga dalam waktu lama pada suhu panas. Setiap perubahan berat badan sebelum dan sesudah berolahraga merupakan petunjuk adanya kehilangan cairan tubuh selamaberolahraga. Pada keadaan-keadaan seperti ini sangat diperlukan penggantian cairan tubuh.

12/3/ · • Pada olahraga angkat besi pastikan bahwa pencapaian berat badan dilakukan tanpa melalui cara-cara yang dapat mengorbankan kinerja atlet • Cairan tubuh cukup • Hindari gangguan atau cegah timbulnya masalah pada saluran pencernaan • Perhatikan makanan sebelum pertandingan (pre-event meal) • Minum dan makan saat bertanding pada.

1. Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester by lina Download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd.

Pengaturan berat badan pada atlet pdf
Rated 4/5 based on 77 review