Berat badan siswa pada kelas disajikan dengan tabel distribusi

Diagram adalah gambar yang menyajikan data secara visual yang biasanya berasal dari tabel yang telah dibuat. Ukuran Pemusatan Data Ukuran pemusatan data terdiri dari tiga bagian, yaitu mean, median, dan modus. Diagram garis biasanya digunakan untuk menggambarkan data tentang m keadaan yang berkesinambungan sekumpulan data kontinu.

Tepi atas 67,5; 70,5; …; 82,5 atau tepi bawah 64,5; 67,5; …; 79,5 diletakkan pada sumbu X sedangkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari diletakkan pada sumbu Y. Sumbu tegak memuat frekuensi masing-masing kelas interval.

Amati Tabel 4. Tabel distribusi frekuensi Interval Kelas Turus Frekuensi. Langkah-langkah penyusunan tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut. Daftar di atas sering disebut sebagai distribusi frekuensi dan karena datanya tunggal maka disebut distribusi frekuensi tunggal.

Gambarlah ogive naik dan ogive turun. Terdapat dua sumbu, yaitu sumbu mendatar dan sumbu tegak.

PEMBAHASAN SOAL UJIAN NASIONAL STATISTIKA

Menyajikan data dalam bentuk Histogram Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat histogram, yaitu: Histogram dan Poligon Frekuensi Dari tabel distribusi frekuensi data berkelompok dapat dibuat diagram yang bernama Histogram.

Berapakah jumlah siswa yang mempunyai nilai Biologi kurang dari 85? Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong.

Beberapa istilah yang terdapat dalam tabel distribusi frekuensi data berkelompok di atas: Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari. Berapakah jumlah siswa yang mempunyai berat badan lebih dari 40? Buatlah diagram batang vertikal dari data tersebut.

Berapa persen siswa yang menyelesaikan sekolah sampai pada tingkat SMA?

Soal dan Pembahasan – Statistika (Tingkat SMA/Sederajat)

Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. Ogive Ogif Grafik yang menunjukkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari dinamakan poligon kumulatif. Contoh soal: Variable data yang dapat berubah-rubah nilainya yang datanya merupakan bersekala nominal disebut variabel nominal.

Jika garis lurus sudah ditentukan, dapat menentukan interpolasi data.

Sedangkan Poligon Frekuensi adalah garis patah — patah yang menghubungkan titik tengah — titik tengah sisi atas histogram. Tabel Kontingensi Tabel kontingensi disusun berdasarkan banyaknya baris dan kolom. Banyak kelas dibulatkan menjadi "6".

Jawaban 4 1. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh data berikut ini. Tabel 1.

Tag: Varians

Banyak kelas dibulatkan menjadi "6". Data skala interval adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran yang tidak mempunyai nilai nol mutlak.

Sebagai contoh, kita akan buat histogram dan poligon frekuensi dari data pada tabel distribusi frekuensi berkelompok berikut ini: Adapun sumbu tegaknya menyatakan frekuensi data.

Untuk pembuatan histogram, pada setiap interval kelas diperlukan tepi-tepi kelas. Pada tepi ats dan tepi bawah ditarik garis keatas sampai menunjukkan bilangan yang sesuai dengan frekuensi pada sumbu tegak. Lebar persegipanjang sebanding dengan lebar kelas dan tinggi persegipanjang sebanding dengan besar frekuesi kelas interval masing — masing.

Menghitung banyaknya turus pada setiap kelas, kemudian menuliskan banyaknya turus pada setiap kelas sebagai frekuensi data kelas tersebut. Pada usia berapa bulan berat badannya tetap? Di bagian atas setiap batang diberikan bilangan yang menunjukkan frekuensi. Data terkecil harus merupakan batas bawah interval kelas pertama atau data terbesar adalah batas atas interval kelas terakhir.

Dari tabel tersebut tampak bahwa frekuensi paling banyak dalam interval 46—Dengan panjang interval kelas = 10 dan banyak kelas = 6, diperoleh tabel distribusi frekuensi seperti pada Tabel 4. atau Tabel 5 Cara I: Batas bawah kelas pertama diambil datum terkecil. Amati Tabel festival-decazeville.com: Heskielomboan Dalam hal ini kita akan fokus pada materi tentang cara menentukan rata-rata suatu data yang dissajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan festival-decazeville.com: TIM.

Berat badan 40 siswa disajikan dalam tabel distribusi frekuensi berikut festival-decazeville.com: Akhmad Jazuli. Soal 2: Menentukan Nilai Rata-rata (UN 06) Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram seperti pada gambar di bawah ini.

Rataan berat badan tersebut adalah. Frekuensi yang dimiliki setiap kelas pada tabel distribusi frekuensi bersifat mutlak. Adapun frekuensi relatif dari suatu data adalah dengan membandingkan frekuensi pada interval kelas itu dengan banyak data dinyatakan dalam persen.

Contoh: interval frekuensi kelas adalah Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi.

Berat badan siswa pada kelas disajikan dengan tabel distribusi
Rated 0/5 based on 51 review